Pages

Fire
Fire

Jumat, 23 Maret 2012

Bab 1 Dasar-Dasar Internet



  Sejak diciptakan pada 1970-an, internet terus meningkat unserta dikembangkan oleh para ahli dan pemerhati teknologi. Internet mudah digunakan siapapun , bahkan mereka yang hanya memiliki pengetahuan relatif minim . Internet dapat menjadi ajang untuk bergaul yang murah , tempat mencari informasi tentang dunia , hiburan, pendidikan , dan lowongan kerja yang terkini.


  1. Internet adalah singkatan dari Interconnection Network , yang berarti hubungan antar jaringan komputer (network).
  2. Pengertian internet secara umum adalah kumpulan jaringan  komputer yang terhubung dan bekerja sebagai suatu sistem.
  3. Internet adalah jaringan komputer global, sedangkan jaringan komputer lokal (LAN) dinamakan Intranet.
  4. Internet berasal dari impian J.C.R Licklider  (1915-1990) seorang psikolog di Massachusetts Institute of Technology.
  5. Web adalah sekumpulan yang terhubung melalui kabel maupun tanpa kabel.
  6. Kemampuan akses ini tidak terbatas pada jarak sehingga data di seluruh dunia dapat saling dipertukarkan atau saling di akses, Keadaan ini yang memunculkan istilah world wide (mendunia) sehingga world wide web (www) artinya jaringan yang mendunia.
  7. Intranet adalah jaringan komputer lokal yang menggunakan perangkat lunak Internet dan Protokol TCP/IP atau HTTP.
  8. Jaringan internet merupakan jaringan internet yang hanya dimiliki oleh kelompok atau perusahaan tertentu dan tidak dapat diakses oleh orang lain.
  9. Pengunaan internet dapat mendatangkan beberapa keuntungan diantaranya: Produktivitas kerja, Pemanfaatan waktu, Komunikasi, Operasi dan manajemen, Kerangka perubahan budaya kerja.
  10.  Internet yang dikenal pada saat ini merupakan pengembangan diri sebuah jaringan yang  disebut APRANET (Advanced Research Projects Agency). APRANET dikembangkan sejak 1969.
  11. Istilah-Istilah dalam internet : Web, WWW (World Wide Web), Web Site, Web Page, Homepage, Browser, Download, Upload, E-mail, URL( Universal Resource Locator ), HTTP ( Hyper Text Transfer Protocol), Hub, Client, Server, Modem (Modulator Demodulator),HTML (Hypertext Mark up Language), Hypertext, Hyperlink, Protokol, Alamat IP, ISP (Internet Service Provider), Search Engine, Mailing List, Chatting.
  12. Keuntungan Internet: Proses komunikasi akan menjadi lebih lancar, lebih memudahkan untuk melindungi data , Data yang didistribusikan melalui internet akan lebih cepat terdistribusikan.
  13. Keunggulan Internet: Jangkauan internet bersifat umum, Akses ridak dibatasi waktu, efektivitas internet dalam menyelesaikan pekerjaan, komunikasi lebih interaktif.
  14. Kelemahan Internet: Adanya penyebaran virus komputer, banyaknya nya pengguna aka memeperlambat akses.
  15. Kecepatan Internet: kecepatan komputer pelanggan, kepadatan lalu lintas internet, Besar bandwidth yang disewa ISP ke Backbone Internet,Jumlan pengguna yang mengakses serever bersamaan , kemampuan dan kecepatan server.
  16. GPRS adalah kepanjangan dari General Packet Radio Service, komunikasi suara dan data yg dilakukan dengan menggunakan gelombang radio.
  17. 3G adalah singkatan dari Third-generation technology 
  18. teknologi jaringan tanpa kabel dikenal dengan Wireless Fidelity menggunakan frekuensi tinggi berada pada spektrum 2,4 GHz 
  19. Wireless broadband dinilai lebih efisien dibandingkan WiFi , Wireless broadband diklaim dapat diakses sampai jarak 1 KM dari stasiun pemancarnya.
  20. komputer yang berfungsi sbg server dihubungkan dgn sebuah Interbet Service Provider (ISP) melalui kabel telepon atau melalui antena , untuk menhubungkan komputer ke komputer srever dilakukan dengan menggunakan kartu LAN (LAN Card) dan kable koaksial (UTP)  
tuk di eksplorasi, digali, 

    0 komentar:

    Posting Komentar