Pages

Fire
Fire

Minggu, 25 Maret 2012

Bab 2 Perangkat Jaringan dan Koneksi Internet





Jaringan komputer adalah sekumpulan komputer individu yang dihubung-hubungkan dengan menggunakan protokol TCP/IP.
Berikut ini adalah kelompok jaringan :


1. Local Area Network(LAN)
merupakan jaringan milik pribadi di dalam sebuah gedung atau kampus yg berukuran sampai beberapa kilometer. jarak yg dapat di jangkau LAN 10 km .
2. Metropolitan Area Network(MAN)
merupakan jaringan dengan area lebih luas dari LAN,dapat terdiri dari dua atau lebih LAN yg dihubungkan bersamaan dalam batas-batas tertentu. jarak maksimum yang dapat di jangkau MAN 80 km .
3. Wide Area Network(WAN)
jaringan yg mempunyai jangkauan area sangat luas , antar pulau, negara, benua , bahkan keluar angkasa
  1. Interjaringan (Interconnection Network atau Internet) untuk membangun sebuah jaringan internet membutuhkan peralatan jaringan sperti , repeater ( penguat sinyal) , bridge (penguhubung antar jaringan) , router ( pengatur lalu lintas dalam jaringan) , dan gateway.
  2. Hubungan Dial Up hubungan yang paling sederhana sebuah komputer ke jaringan ingternet dgn memanfaatkan jalur telepon yg terdapat di kantor atau dirumah disebut dial up connection. Perangkat keras yang diperlukan: Unit komputer , Modem, Jaringan telepon.
  3. Hubungan Leased Line adalah jalur (telepon) yang digantikan fungsinya menjadi jalur internet.
  4. Hubungan Wireless sama dengan hubungan Leased Line. Perbedaannya jika leased line menggunakan kabel telepon, wireless menggunakan gelombangradio untuk mengirimkan dan menerima datanya.
  5. Jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yg bekerja bersama-sama utk mencapai suatu tujuan yg sama.
  6. Client-Serever adalah jaringan komputer dengan komputer yang didedikasikan khusus sbg server
  7. Peer to peer adalah jaringan komputer dimana setiap host dapat menjadi server dan juga menjadi client secara bersamaan .
  8. Berdasarkan topologinya, jaringan komputer dapat dibedakan menjadi :
    • TOPOLOGI BUS:
    • TOPOLOGI STAR:
    • TOPOLOGI RING:
    • TOPOLOGI MESH:
    • TOPOLOGI TREE:

0 komentar:

Posting Komentar